jawaban soal uas PTI

No. (1). Sebutkan dan jelaskan  3 contoh cybercrime di Indonesia.
1. Kasus video porno yang menimpa Ariel dan Cut tari.
cara penyelesaiannya, Ariel dihukum kurungan penjara selama 6 bulan.
2. Kasus perjudian online.
cara penyelesaian dihukum kurungan penjara selama 5 tahun.
3. penggelapan uang di bank.
cara penyelesaiannya mengganti rugi kepada pihak yang dirugikan dan mendapatkan hukuman sesuai UUD yang berlaku.
No. (2). Sebutkan dan jelaskan 6 konten yang terancam penjara terkait UU ITE yang baru direfisi.
1. konten melanggar kesusilaan ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara
2. konten perjudian ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara
3. konten pemerasan atau pengancaman. ancaman tetap yaitu 6 tahun penjara
4. konten yang merugikan konsumen. ancaman tetap yaitu 6 tahun penjara
5. konten yang menyebabkan isu SARA. ancaman tetap yaitu 6 tahun penjara
6. konten yang memuat penghinaan dan pencemaran nama baik. bila dulu diancam 6 tahun, namun kini hanya 4 tahun penjara
No. (3). jelaskan antisipasi agar mencegah dan menghindari dari cybercrime.
1. selalu gunakan securuty software yang up to date.
salah satu cara dalam mencegah hacker dan para cybercrime dalam melakukan hacking dan mencari informasi adlah dengan tetap menjaga keamanan setiap PC dan juga software dalam Pc agar tetap ter up to date.
2. buat password yang kuat apakah password akun-akun anda sudah menggunakan password yang kuat? jika belum, cepat ganti akun-akun anda untukl mencegah cybercrime. jika memungkinkan masukan huruf kecil,besar dan angka pada setiap akun agar memperkuat kata sandi.
3. instal software anti virus.
software anti virus digunakan untuk mencegah, mendeteksi dan menghilangkan berbagai malware, seperti : hijacker,ransomware,keyloggers,backdoors Dll.
No. (4). jelaskan langkah-langkah sukses yang harus ditempuh bisnis e-commerce.
Langkah 1: Set Strategy
Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menyusun suatu strategi dengan berpegang pada suatu prinsip, yaitu bagaimana memudahkan konsumen dalam melakukan bisnis dengan perusahaan. Perlu diperhatikan, bahwa konsumenlah yang akan menjadi sumber pendapatan perusahaan karena merekalah yang akan mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan.  Perusahaan harus memastikan bahwa cara berbisnis yang ditawarkan tidak merepotkan atau menyilitkan mereka, sebaliknya justru mempermudah mereka dalam mendapatkan produk atau jasa yang dibutuhkan.

Langkah 2: Focus on the End-Customer
Setiap proses bisnis pasti memiliki konsumen yang secara langsung maupun tidak langsung “menkonsumsi” produk atau jasa yang ditawarkan. Pada tahapan ini, adalah penting bagi perusahaan untuk mengkaji dan mendefinisikan siapa sebenarnya konsumen lansung (end-customer) dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Langkah 3: Redesigning Customer-Focus Business Process
Ketika konsep Business Process Reengineering (BPR) diperkenalkan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, banyak perusahaan yang mulai melakukan rancang ulang terhadap proses dan aktivitas internalnya agar tercipta suatu alur yang efisien (cheaper, better, and faster). Hanya saja ada kesalahan prinsip yang sering dilakukan, yaitu dimulainya melakukan proses perancangan dari dalam ke luar (from inside to outside), padahal tujuan akhir dari perubahan proses bisnis tersebut adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yang notabene berada di luar perusahaan (eksternal). Proses perancangan ulang yang benar adalah dengan memualinya dari aktivitas terluar, yaitu yang menghubungkan perusahaan dengan konsumennya (customer focus business process).

Langkah 4: Wire Company for Profit
Setelah proses bisnis selesai dirancang ulang untuk menyesuaikan dengan karakteristik bertransaksi di dunia maya, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan infrastruktur perusahaan untuk memungkinkan terjadinya mekanisme bisnis yang diinginkan. Yang paling penting untuk dikathui di sini adalah bagaimana mentransformasikan kebutuhan bisnis dengan spesifikasi teknologi informasi yang ada (business and information technology alignment).

Langkah 5: Foster Customer Loyalty
Langkah yang terakhir adalah berusaha untuk membuat konsumen loyal terhadap perusahaan e-commerce yang ada, hanya karena dengan loyalitas mereka sajalah maka profitabilitas usaha dapat tercapai.
No. (5). jelaskan pangsa pasar bisnis e-comerrce di indonesia?
Pangsa pasarnya di Indonesia masih memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang.
"Pangsa pasar dari e-commerce itu masih sekitar di bawah 1 persen dari pangsa pasar retail offline. Bahkan yang pakai internet saja masih sangat sedikit yang berbelanja e-commerce.
No. (6). Jelaskanlangkah kegiatan system e-commerce pada LAZADA.co.id dan gambarkan Alurnya.
penjualan online / e commerce yang dilakukan oleh lazada.co.id :

1.     Pembeli diharuskan untuk menggunakan internet secara online untuk mengakses ke web lazada.co.id

2.     Lalu pembeli mencari atau memilih produk yang diinginkan sesuai dengan daftar produk yang telah disediakan oleh lazada.co.id beserta dengan harganya dan potongan pembelian.

3.     Lalu pembeli akan disuguhkan dengan informasi-informasi tentang produk yang dipilih tersebut yaitu tentang spesifikasi produk/konten produk dan ulasan produk yang berisi tentang komentar dan penilaian pemakai lainnya.

4.     Selain itu juga disediakan informasi tentang jangka waktu pengiriman yang berbeda di setiap provinsinya dan ketersediaan stok produk tersebut.

5.     Jika dipastikan stok produk tersedia dan sesuai dengan keinginan pembeli maka pembeli cukup mengklik tombol “Beli Sekarang” lalu klik. Jika produk tidak sesuai dengan keinginannya maka dapat mengklik tombol “tutup dan lanjutkan belanja”.

6.     Langkah selanjutnya adalah pembeli diharuskan mengisi formulir pembelian. Pembeli tetap memilih pilihan “pembeli tetap” dengan mengisi data email dan kata sandi yang sudah terdaftar dan pembeli yang masih baru dan belum pernah melakukan transaksi di lazada harus menginputkan alamat email pembeli  untuk konfirmasi tentang pembelian.

7.     Setelah akun email selesai dimasukan/didaftarkan maka langkah selanjutnya yaitu akan secara otomatis masuk ke halaman Informasi Pengiriman, di mana pembeli diminta untuk mengisi alamat pengiriman yang diinginkan, nomor handphone, provinsi, kota, kecamatan. Bagi alamat yang dikenakan ongkos kirim, maka di samping kolom kecamatan akan muncul informasi “Dikenakan ongkos kirim”, sekaligus tertera biaya “Ongkos Kirim”.  Untuk melanjutkan prosesnya, pembeli mengklik tombol "Lanjutkan".

8.     Selanjutnya pembeli memilih metode  pembayaran yang diinginkan. Ada 3 metode yang disediakan lazada.co.id yaitu bayar di tempat, kartu kredit, dan bank transfer.
      Metode pembayaran “Bayar di tempat” mengharuskan pembeli berada di wilayah yang sudah tercover oleh lazada.co.id.

      Metode pembayaran “kartu kredit” mengharuskan pembeli untuk mengisi informasi tentang kartu kredit yang diperlukan.

      Metode pengiriman “bank transfer” mengharuskan pembeli untuk mentransfer harga produk ke bank yang disediakan oleh penjual. Membeli dengan metode bank transfer mengharuskan pembeli untuk mengkomfirmasikan pengiriman uang dengan menu di home lazada "konfirmasi pembayaran".



9.     Setelah dipilih metode pembayaran dan mengisi data yang diperlukan maka lazada.co.id akan memberikan kode pemesanan/ nomor order dan jumlah yang harus dibayarkan.
Gambar sisip 1

No. (7). sebutkan dan jelaskan pengaruh pengelolaan sistem informasi dalam organisasi/perusahaan.
1. PERAN SISTEM INFORMASI
a. mendukung kegiatan-kegiatan usaha/operasional.
b. mendukung pengambilan keputusan manajemen
c. mendukung persaingan keuntungan strategis

No. (8). Jelaskan fungsi dari masing-masing menu pada aplikasi prestashop dibawah ini.
  • Catalog: Konsumen akan dapat melihat produk-produk dalam pembelian dan menggunakan katalog atau produk yang diperoleh langsung oleh url
  • Orders: Berisi tentang cara pemesanan produk
  • Customers : Berisi tentang pengisian data customers
  • Price Relus : Berisi tentang jasa yang akan digunakan, seperti transfer uang
  • Modules and Services : Berisi tentang adanya kerusakan barang yang di jual dari konsumen
  • Shipping : Berisi mengenai cara pengiriman produk/barang
  • Localization : Berisi tentang alamat yang di tuju
  • Preferences : Berisi tentang pilihan produk yang akan di pesan
  • Advanced Parameters : Kelanjutan proses pemesanan barang (jika sudah setuju)
  • Administration : Mulai dari perhitungan harga barang dan biaya pengiriman
  • Stats : Berisi tentang status produk tersebut yang sudah terjual

No. (9). Sebutkan dan jelaskan 10 tipe data pada microsoft acces.

Macam-macam Tipe Data MS Access

1.Text, Text digunakan untuk menyimpan data alfanumerik seperti nama, alamat, NIM, kode pos dll. Dan panjang karakter yang bisa disimpan di tipe data Text yaitu sebanyak 255 karakter.

2. Memo, Tipe data Memo hampir sama dengan tipe data Text, tetapi yang membedakanya adalah tipe data memo dapat menyimpan karakter kurang lebih sebanyak 64.000 karakter, akan tetapi tidak bisa diurutkan.

3. Number, Tipe data Number berfungsi untuk menyimpan data numerik yang akn digunakan untuk perhitungan matematis seperti tambah, kurang, bagi, kali, pangkat, dll.

4. Date/Time, Tipe data Date/Time digunakan untuk menyimpan data tanggal dan waktu atau gabungan dari keduanya.

5. Currency, Tipe data Currency hampir sama dengan tipe data Numerik hanya saja yang membedakan disini adalah tipe data currency selalu ada simbol Currency atau mata uang sesuai dengan seting regional yang digunakan seperti Rp, $, dll.

6. AutoNumber, AutoNumber adalah tipe data yang mana datanya tidak bisa diisikan secara manual melainkan diisi secara otomatis oleh Access, baik secara penjumlahan maupun acak. Biasanya tipe data ini digunakan untuk penomoran.

7. Yes/No, Tipe data Yes/No adalah tipe data yang hanya memiliki dua pilihan yaitu Yes dan No. Dan format yang disediakan oleh MS Access adalah Yes/No, True/False, dan On/Off.

8. Ole Object, Tipe data Ole Object digunakan untuk eksternal objek, seperti bitmap, dan file suara.

9. Hyperlink, Tipe data Hyperlink adalah tipe data yang berfungsi untuk menyimpan sebuah alamat internet atau alamat URL.

10. Lookup Wizard, Tipe data Lookup Wizard digunakan untuk memilih sebuah nilai dari tabel lain atau dari daftar lain yang ditampilkan dalam combobox.

Komentar